Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui - Ketika membicarakan tentang lukisan, nama terdepan agaknya adalah milik lukisan Mona Lisa yang dilukis oleh Leonardo da Vinci - seniman Italia hebat abad ke-15. Namun, ia bukan hanya pelukis tapi juga seorang polymath, yang memengaruhi spektrum luas bidang kreatif. Mari jelajahi beberapa fakta menarik tentang Manusia Renaisans ini:


18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Fakta 1. Anak Diluar nikah

Ia lahir sebagai anak dari Piero Fruosino di Antonio da Vinci (ayah) dan Caterina (ibu). Orang tuanya tidak pernah menikah dan dia adalah satu-satunya anak mereka. Namun, ia memiliki 17 saudara tirinya dengan pasangan lain dari orang tuanya.

Fakta 2. Dinamai sebuah kota!

Ia lahir di Anchiano, Tuscany (sekarang Italia), yang dekat dengan kota Vinci yang kemudian kita asosiasikan dengan nama keluarganya hari ini.

Fakta 3. Tidak ada pendidikan formal!

Selain membaca dan menulis dasar, ia tidak mendapat pendidikan formal.

Fakta 4. Orang di balik kemampuan hebatnya!

18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui :: Courtesy images : 3.bp.blogspot.com


Bakat artistiknya pertama kali diapresiasi oleh ayahnya dan ketika Leonardo berusia 15 tahun, ayahnya mengasuhnya dengan pelukis dan pematung ternama Andrea del Verrocchio, dari Florence. Dia menyempurnakan teknik pemotretan dan pengecatan Leonardo selama lebih dari satu dekade dan juga melatihnya dalam seni mekanik.

Fakta 5. Lukisannya yang paling awal!

18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Courtesy images : Wikipedia


Meskipun karya pertamanya seharusnya berupa gambar pena dan tinta dari lembah Arno (seperti yang dilaporkan oleh berbagai sumber) pada tanggal 5 Agustus 1473, Kabar gembira (berasal dari sekitar tahun 1472-1475) umumnya dianggap sebagai pekerjaan paling awal yang pernah ada. . Ini menggambarkan malaikat Gabriel yang kepadanya dia kirim untuk mengumumkan Maria, bahwa dia akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki bernama – Yesus.

Baca Fakta Orang hebat lainnya DISINI


Fakta 6. Saat mentornya terkesan dengan karyanya!

18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui : Courtesy images : wikimedia


Dia membantu mentornya Andrea del Verrocchio dalam lukisan terkenal - The Baptism of Christ. Lukisan tersebut menggambarkan Pembaptisan Yesus oleh Yohanes Pembaptis. Terekam bahwa malaikat di sebelah kiri dilukis oleh Leonardo muda dan itu mengesankan mentornya.

Fakta 7. Digunakan untuk menulis dari Kanan ke Kiri!

Leonardo da Vinci kidal dan biasa menulis dari kanan ke kiri, yang menghasilkan naskah cermin dan sulit dibaca oleh orang lain.

Fakta 8. Penyayang hewan

Ilustrasi Foto by : http://pazoo.com


Dia sangat penyayang terhadap hewan dan menentang untuk menempatkan hewan di kandang. Dia biasa membeli hewan yang dikurung dan kemudian membebaskan mereka.

Fakta 9. Seorang vegetarian yang ketat!

Sepanjang hidupnya, Leonardo da Vinci adalah vegetarian yang ketat, yang seharusnya merupakan produk sampingan dari rasa sayangnya terhadap binatang.

Fakta 10. Insiden masa kecilnya!

Leonardo hanya mencatat dua kejadian masa kecilnya - yang pertama adalah saat layang-layang jatuh dari langit dan ekornya menyapu wajahnya. Yang kedua saat ia menemukan sebuah gua ketika ia sedang menjelajah di pegunungan dan sangat ketakutan bahwa beberapa monster bisa mengintai di sana.

Fakta 11. rumah masa kecilnya!

18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui :: Courtesy images : sophiesophrosyne.files.wordpress.com


Siapa yang tidak ingin menjelajahi rumah seniman Renaisans yang hebat ini! Rumah masa kecil Leonardo terletak di sebuah desa bernama Anchiano di kota Vinci di kota metropolitan Florence, Italia. Rumah tersebut telah diubah menjadi semacam museum karya terkenal Leonardo. Rumah itu dibuka kembali untuk umum pada bulan Juni 2012.

Baca Fakta Orang hebat lainnya DISINI

Fakta 12. Pekerjaan pertama yang ditugaskan

18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui " Courtesy : Wikipedia


Pada tahun 1478, dia menjadi seorang guru independen dan sekitar tahun 1482, dia mulai melukis pekerjaannya yang pertama - The Adoration of the Magi. Namun, dia tidak pernah bisa menyelesaikan bagian itu.

Fakta 13. 12 tahun pekerjaanya hancur dalam semenit!

Courtesy images :  s-media-cache-ak0.pinimg.com


Pada akhir abad ke-15, dia pindah ke Milan untuk membuat patung berkuda setinggi 16 kaki (di perunggu) untuk menghormati Francesco Sforza (pendiri dinasti klan Sforza yang berkuasa). Dia bekerja selama 12 tahun dalam proyek tersebut dan menyiapkan model tanah liat kuda pada tahun 1493. Namun, dalam perang yang segera terjadi,  patung itu hancur ketika penguasa Sforza jatuh dari kekuasaan pada 1499. Sungguh menyakitkan mungkin bagi da Vinci :’(

Fakta 14. Dia menggambar simetri tubuh manusia yang sempurna!

Berdasarkan karya arsitek Vitruvius, Leonardo da Vinci menggambarkan proporsi tubuh manusia dalam gambarnya - The Vitruvian Man. Dia menggambar ini sekitar tahun 1490 dan gambar itu seharusnya merupakan perpanjangan alam semesta dalam bentuk tubuh manusia.

Fakta 15. Lukisan mural paling terkenal di dunia!

Pada akhir abad ke-15, Leonardo da Vinci menggambar sebuah lukisan mural - Perjamuan Terakhir. Itu adalah bagian dari rencana untuk memulihkan gereja-gereja di Milan. Lukisan mural tersebut menggambarkan adegan Perjamuan Terakhir Yesus dengan dua belas muridnya ketika Yesus mengumumkan bahwa salah satu dari mereka akan mengkhianatinya.

Fakta 16. Saat dia melukis senyum misterius!

Antara tahun 1503 & 1506, Leonardo melukis lukisan paling terkenal di dunia - Mona Lisa. Wanita yang digambarkan dalam lukisan itu merupakan spekulasi. Sebelumnya, Mona Lisa Gherardini, seorang pelacur dan kemudian dianggap sebagai Lisa del Giocondo, istri pedagang Florentine Francisco del Giocondo. Lukisan ini terkenal dengan senyum misterius wanita tersebut. Raja Francis I dari Prancis telah mendapatkan lukisan itu dan sekarang merupakan milik Republik Prancis. Lukisan aslinya telah dipajang di Museum Louvre di Paris sejak 1797. Lukisan ini telah mendapatkan banyak kemuliaan seperti - karya yang paling banyak dikunjungi, paling terkenal, paling banyak dinyanyikan, paling banyak ditulis dan karya seni yang paling sering diparodikan di dunia. .

Fakta 17. koneksi Hollywood!

Pada tahun 2006, sebuah film Hollywood - The Da Vinci Code dirilis, yang didasarkan pada lukisannya yang terkenal - The Last Supper. Film ini terinspirasi oleh buku - The Da Vinci Code oleh Dan Brown. Buku tersebut mengusulkan agar orang yang menjadi hak Yesus bukan Rasul Yohanes, melainkan Maria Magdalena. Spekulasi tersebut menarik banyak kontroversi karena menggambarkan Maria Magdalena sebagai istri Yesus.

Fakta 18. Koneksi dengan Leonardo DiCaprio!

18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui



Aktor Hollywood yang terkenal, Leonardo DiCaprio, dinamai Leonardo da Vinci karena ketika Leonardo DiCaprio menendang (Dalam perut) ibu kandungnya yang pertama, dia melihat sebuah lukisan Leonardo da Vinci di sebuah museum di Italia.

Baca Fakta Orang hebat lainnya DISINI

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

2 Responses to "18 Fakta Menarik Tentang Leonardo da Vinci Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui"

  1. Wah, nggak sekolah formal, misterius dan.. cetar. Keren ya Mas. Dan ternyata si ibu leonardo de caprio hollywood sampai kasih nama yang sama ya.

    Ternyata banyak yg belum kuketahui nih Mas

    ReplyDelete
  2. Blog yang menarik... semoga maju terus.... Saya ingat Leonardo da Vinci pernah berkata: " Tidak ada satu hal yang berasal dari satu tempat yang tidak ada mahluk, tanaman dan kehidupan rasional; bulu tumbuh pada burung dan akan berganti tiap tahunnya; rambut tumbuh pada hewan dan berganti tiap tahunnya, kecuali beberapa bagian, seperti juga halnya rambut janggut singa, kucing dan sebagainya."

    Saya mencoba menulis blog tentangnya, semoga anda suka:http://stenote-berkata.blogspot.com/2018/03/wawancara-dengan-leonardo.html

    ReplyDelete

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA