loading...
loading...

Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol Yang Belum Banyak Diketahui

Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol Yang Belum Banyak Diketahui - Lumba-lumba hidung  botol (genus Tursiops) adalah anggota keluarga lumba-lumba laut yang paling umum dan terkenal. Untuk Mengenal Lebih dalam Lagi tentang Lumba-Lumba Foto, Mari kita membahas Fakta-Faktanya :


Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol Yang Belum Banyak Diketahui
Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol Yang Belum Banyak Diketahui


Fakta 1 : Ada tiga spesies lumba-lumba botol:
• lumba-lumba konglomerat umum (Tursiops truncatus), ditemukan di samudra subtropis dan tropis di seluruh dunia.
• lumba-lumba botol Indo-Pasifik (Tursiops aduncus) ditemukan di perairan sekitar India, utara Australia, Cina Selatan, Laut Merah, dan pantai timur Afrika.
• lumba-lumba Burrunan (Tursiops australis) hanya ditemukan di perairan lepas pantai bagian selatan Australia, Pantai tenggara

Fakta 2 : Lumba-lumba hidung botol memiliki umur sekitar 40 sampai 50 tahun.Lumba-lumba Betina biasanya hidup hingga 5-10 tahun lebih lama Daripada lumba-lumba jantan, dengan beberapa betina melebihi 60 tahun.

Fakta 3 : Lumba-lumba hidung botol berukuran sekitar  2 sampai 4 meter (6,6 sampai 13,1 kaki) dan berat 150 sampai 650 kilogram (330 sampai 1.430 lb).

Fakta 3 : Lumba-Lumba hidung botol jantan, rata-rata sedikit lebih panjang dan jauh lebih berat daripada Lumba-lumba betina.

Fakta 4 : Perbedaan ukuran juga mungkin terkait dengan variasi ekosistem pesisir, lepas pantai, dan lokasi geografis. Ekosistem pesisir lepas pantai, yang disesuaikan untuk perairan dingin, cenderung lebih besar daripada ekotipe darat.

Fakta 5 : Lumba-lumba hidung botol memiliki tubuh yang lebih ramping.

Fakta 6 : Rahang atas dan bawah yang memanjang membentuk moncong, memberi hewan itu
Nama yang dikenal sekarang. Hidung fungsional yang sebenarnya adalah lubang angin di atas kepalanya. Mata ada di sisi kepala, di dekat sudut mulut; Mata mereka bisa bergerak secara independen dari masing-masing lain.

Fakta 7 : Lumba-lumba hidung botol tampak selalu tersenyum karena mulut mereka sedikit ke sudut.

Fakta 8 : Mereka memiliki 80-100 gigi berbentuk kerucut. Gigi mereka dirancang untuk menggenggam (tidak mengunyah) makanan.

Fakta 9 : Lumba-lumba hidung botol berwarna abu-abu, bervariasi dari abu-abu gelap di bagian atas dekat sirip punggung sampai abu-abu yang sangat terang Dan hampir putih di bagian bawah. Hal ini membuat mereka sulit dilihat; Bila dilihat dari atas, permukaan belakang lumba-lumba yang gelap menyatu dengan kedalaman yang suram. Bila dilihat dari bawah, liontin lumba-lumba lebih ringan menyatu dengan permukaan laut yang terang.

Fakta 10 : Kulit mereka halus dan terasa kenyal. Lapisan kulit luar (epidermis) sekitar 10 sampai 20 kali lebih tebal daripada epidermis mamalia darat.

Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol Yang Belum Banyak Diketahui
Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol Yang Belum Banyak Diketahui : Sumber Foto https://seaworld.org


Fakta 11 : Sirip dada mereka memiliki elemen seperti kerangka utama dari kaki mamalia darat, tetapi telah berevolusi. Elemen kerangka secara kaku didukung oleh jaringan yang terikat.

Fakta 12 : Lumba-lumba hidung botol adalah perenang super cepat, meluncur dalam air menggunakan sirip punggung melengkung mereka, ekor yang kuat dan sirip runcing.

Fakta 13 : Mereka biasanya berenang pada jarak 5 sampai 11 km / jam (3 sampai 7 mph), namun mampu meluncur hingga 35 km / jam (22 mph).

Fakta 14 : Lumba-lumba hidung botol biasanya naik ke permukaan untuk bernafas melalui lubang angin dua sampai tiga kali per menit, meskipun dapat tetap terendam hingga 20 menit.

Fakta 15 :  Penyelaman terdalam yang pernah tercatat untuk lumba-lumba botol adalah 300 meter (990 kaki) oleh Tuffy, lumba-lumba hidung botol yang dilatih oleh Angkatan Laut Amerika Serikat.

Fakta 16 : Lumba-lumba botol mendengar nada lebih tinggi dari manusia, dengan frekuensi hingga 160 kHz dengan kepekaan terbesar berkisar antara 40 sampai 100 kHz. Sementara, Rentang pendengaran rata-rata untuk manusia adalah sekitar 0,02 sampai 20 kHz.

Fakta 17 : Lumba-lumba botol memiliki penglihatan tajam baik di dalam maupun di luar air. Mata lumba-lumba sangat disesuaikan untuk melihat di bawah air.

Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol Yang Belum Banyak Diketahui
Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol Yang Belum Banyak Diketahui :: Sumber Foto : http://www.dolphins-world.com


Fakta 18 : Lumba-lumba telah mengembangkan kemampuan mereka untuk menggunakan echolocation, yang sering dikenal dengan sonar, untuk membantu mereka melihat lebih baik di bawah air. Ilmuwan yakin kemampuan ini mungkin berevolusi perlahan seiring berjalannya waktu. Echolocation memungkinkan Lumba-lumba untuk "melihat" dengan menafsirkan gema gelombang suara yang memantul dari benda-benda yang berada di dekat mereka . Echolocation memberi tahu lumba-lumba bentuk, ukuran, kecepatan, jarak, dan lokasi obyek.

Fakta 19 : Lumba-lumba harus sadar akan nafas mereka. Ini berarti mereka tidak bisa tidur nyenyak, karena mereka akan mati lemas. Lumba-lumba telah "menyesuaikan" dengan membiarkan satu setengah dari otak mereka Tidur pada satu waktu. Hal ini telah ditentukan dengan melakukan studi EEG tentang lumba-lumba.

Fakta 20 : Lumba-lumba hidung botol hidup dalam kelompok yang biasanya terdiri dari 10-30 anggota, kelompok itu disebut polong, namun ukuran kelompok bervariasi dari individu tunggal hingga lebih dari 1.000.

Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol Yang Belum Banyak Diketahui
Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol Yang Belum Banyak Diketahui :: Sumber Foto : http://www.doc.govt.nz


Fakta 21 : Lumba-lumba hidung botol berkomunikasi satu sama lain dengan cara yang berbeda. Diantaranya : Mereka mencicit dan bersiul , serta menggunakan bahasa tubuh-melompat setinggi 6 meter di udara, menjentikkan rahang mereka, menampar ekornya di permukaan air, dan bahkan memukul kepala.

Fakta 22 : Setiap lumba-lumba memiliki peluit unik yang berfungsi seperti nama, memungkinkan mamalia laut untuk menjaga Ikatan sosial yang dekat


Fakta 23 : Makanan lumba-lumba Hidung botol terutama terdiri dari ikan, cumi dan krustasea. Lumba-lumba dewasa dapat makan 7 - 13,5 kilogram (15 - 30 pon) makanan setiap hari.

Fakta 24 : Lumba-lumba hidung botol sering bekerja sebagai tim untuk menjaring sekelompok ikan, tapi terkadang mereka juga berburu secara terpisah. Mereka mencari mangsa terutama menggunakan echolocation/ penggunaan suara.

Fakta 25 : Lumba-lumba hidung botol bisa berkembang biak sepanjang tahun. Lumba-lumba hidung botol jantan dan betina memiliki banyak pasangan pada musim reproduksi tertentu.

Fakta 26 : Masa kehamilan sekitar 12 bulan. Bayi lumba-lumba yang baru lahir di perairan dangkal, kadang dibantu oleh lumba-lumba lainnya (mungkin pejantan), dan biasanya hanya seekor bayi saja yang lahir (bayi lumba-lumba hidung botol yang kembar jarang terjadi). Bayi menyusu selama 18 bulan sampai 8 tahun, dan terus berhubungan erat dengan ibunya selama beberapa tahun setelah disapih.

Fakta 27 : Beberapa spesies hiu besar, seperti hiu harimau, hiu kusam, hiu putih besar dan banteng Hiu, memangsa lumba-lumba hidung botol, terutama yang masih kecil.

Fakta 28 : Sementara lumba-lumba hidung botol tidak dikategorikan sebagai terancam punah oleh Daftar Spesies Terancam IUCN, mereka tidak diragukan lagi berisiko dari industri perikanan komersial dan perusakan habitat.

Fakta 29 : Lumba-lumba hidung botol memiliki tingkat penyerapan terbesar kedua (jumlah massa otak yang terkait dengan total massa tubuh hewan) dari setiap mamalia di Bumi (manusia memiliki yang terbesar), yang kemungkinan besar memberikan kontribusi terhadap kecerdasan dan  kejeniusan emosional mereka yang sangat tinggi.

Fakta 30 : Penelitian menunjukkan bahwa lumba-lumba hidung botol sadar akan diri sendiri, suatu sifat yang dianggap sebagai pertanda Sangat berkembang, berpikir abstrak. Salah satu indikator tersebut adalah bahwa mereka terbukti mampu Mengenali diri mereka  sendiri di cermin.

Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol Yang Belum Banyak Diketahui
Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol Yang Belum Banyak Diketahui : Sumber Foto "WIKIPEDIA"


Fakta 31 : Mereka bisa menggunakan alat dan mentransmisikan pengetahuan budaya dari generasi ke generasi, dan jumlahnya cukup besar, Kecerdasan telah mendorong mereka berinteraksi dengan manusia.

Fakta 32 : Terkadang, mereka menyelamatkan para penyelam yang terluka dengan mengangkatnya ke permukaan. Mereka juga melakukan ini untuk membantu Anggota yang terluka dari spesies mereka sendiri.

Fakta 33 : Lumba-lumba hidung botol memiliki kenangan sosial terpanjang dari spesies non-manusia. Mereka telah menunjukkan mampu mengenali  suara unik lumba-lumba  lainnya yang pernah mereka kenal sekitar 20 tahun setelah terpisah. WOOW

Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol
Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol :: Sumber Foto : http://us.whales.org



Fakta 34 : Lumba-lumba hidung botol mendapat popularitas dari pertunjukan akuarium dan program televisi seperti Flipper.

Tag: Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol , Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol  Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol , Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol , Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol , Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol , Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol , Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol , Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol , Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol 

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Fakta menarik tentang lumba-lumba Hidung botol Yang Belum Banyak Diketahui"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA