Postingan Terunggul Hari Ini

4 Pilihan Dalam Berkehidupan

4 pilihan dalam berkehidupan : Ada 4 Pilihan dalam berkehidupan, kamu bisa pilih salah satunya, atau lebih dari itu : 1. Dengan kedudukan Ja...

34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui

34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui - Cicak atau tokek sebenarnya satu keluarga. Hanya dalam penyebutannya saja yang berbeda. Disini Admin memposting 34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui , itu artinya artikel ini samahalnya membahas tentang 34 fakta menarik tentang cicak. Mari disimak :


34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui
34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui.. Courtesy images : http://www.daftarflorafauna.web.id


Fakta 1 : Tokek adalah kadal yang termasuk dalam Keluarga Reftil.

Fakta 2 : Mereka adalah kelompok yang paling kaya dalam spesies kadal, dengan lebih dari 1.650 spesies yang berbeda di seluruh dunia.

Fakta 3 : Tokek tinggal di setiap benua kecuali Antartika. Mereka kebanyakan ditemukan di daerah beriklim hangat dan tinggal di berbagai habitat, seperti hutan hujan, padang pasir dan bahkan di lereng gunung yang dingin.

Fakta 4 : Masa hidup tokek bervariasi menurut spesies, namun berkisar dari beberapa tahun sampai lebih dari 25 tahun.

Fakta 5 : Tokek mempunyai variasi ukuran.

Fakta 6 : Spesies terbesar, kawekaweau (Hoplodactylus delcourti), hanya ditemukan di ruang bawah tanah sebuah museum di Marseille, Prancis. Tokek ini panjangnya 60 cm (24 in) dan sepertinya endemik Selandia Baru, tempat tinggalnya di hutan asli. Dan mungkin telah dilenyapkan bersama dengan sebagian besar fauna asli pulau-pulau ini pada akhir abad ke-19, ketika spesies invasif baru seperti tikus diperkenalkan ke negara tersebut selama penjajahan Eropa.

Fakta 7 : Rhacodactylus leachianus, yang umumnya dikenal sebagai tokek raksasa Caledonian Baru dengan panjang total 36 sentimeter (14 inci) adalah tokek terbesar yang ada di dunia (Setelah kawekaweau)

34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui
34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui 


Fakta 8 : Dua spesies tokek terkecil juga merupakan spesies kadal terkecil di bumi: spekker Jaragua atau kurcaci kerdil (Sphaerodactylus ariasae) [pic dan kura-kura kerdil Kepulauan Virgin atau kepulauan kurcaci kurcaci Virgin (Sphaerodactylus parthenopion), panjangnya hanya 1,6 sentimeter (0,6 inci).

34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui
34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui 


Fakta 9 : Tokek mempunyai berbagai pola dan warna, dan merupakan salah satu kadal paling berwarna di dunia.

Fakta 10 : Beberapa spesies bahkan bisa berubah warna dan warnanya lebih terang pada malam hari.

Fakta 11 : Nuansa cokelat atau abu-abu menghiasi sebagian besar tokek di seluruh dunia. Warna-warna yang menyamar ini membantu tokek bersembunyi di antara batu, tanah dan pasir dari pemangsa.


Baca juga fakta hewan lainnya DISINI

34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui
34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui 


Fakta 12 : Tokek ekor biru (Phelsuma cepediana) dari Mauritius dan tokek hari biru elektrik (Lygodactylus williamsi) [foto di bawah] dari Tanzania berbagi warna yang tidak biasa ini.

34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui
34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui .. Courtesy images : https://www.pinterest.com


Fakta 13 : Dalam jangka waktu yang lama, tokek telah mengembangkan fitur fisik khusus untuk membantu mereka bertahan dan menghindari predator.

Fakta 14 : Tokek menggunakan ekornya untuk berbagai tujuan seperti menyimpan lemak, menjaga keseimbangan dan menambahkan kamuflase untuk membantu mereka berbaur. Sebagai upaya pelarian terakhir, Tokek mampu memutuskan ekornya saat ditangkap oleh predator.

Fakta 15 : Semua tokek, tidak termasuk 30 spesies di keluarga Eublepharidae, kekurangan kelopak mata dan sebaliknya memiliki membran transparan, yang mereka dapat jilat bersih.

34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui
34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui 


Fakta 16 : Mereka memiliki lensa tetap di masing-masing iris yang membesar dalam kegelapan untuk membiarkan lebih banyak cahaya.

Fakta 17 : Spesies nokturnal memiliki penglihatan malam yang sangat baik; Penglihatan warna mereka 350 kali lebih sensitif dari pada penglihatan warna manusia.

Fakta 18 : Selain penglihatan malam yang berkembang dengan baik, tokek memiliki indra pendengaran yang baik. Mereka mampu mendengar nada lebih tinggi daripada yang terdeteksi oleh spesies reptil lainnya.

Fakta 19 : Tokek memiliki kaki lengket yang memungkinkan mereka memanjat jenis bahan apapun kecuali Teflon. Sementara makhluk lain menggunakan metode seperti sekresi atau cakar untuk menempel pada permukaan, tokek menggunakan sistem rumit yang disebut "adhesi kering." Di kakinya, tokek memiliki banyak bulu mikroskopis, atau setae yang memberi mereka kemampuan lengket ini.

Fakta 20 : Tokek unik di antara kadal dalam vokalisasi mereka. Banyak tokek, terutama yang muda, bersuara saat mereka kesal atau terancam. Yang lain menggunakan suara mengklik dan berkicau sebagai komunikasi, terutama dengan tokek lain. Mereka mungkin mengatakan hal-hal sederhana seperti "Saya di sini," "Bahaya !," dan "Siapa yang mau kawin?"

Fakta 21 : The New Latin gekko and English "tokek" berasal dari bahasa Indonesia-Melayu gēkoq, yang meniru suara yang dibuat oleh binatang tersebut.

Fakta 22 : Semua tokek mengelupaskan kulit mereka dengan interval yang cukup teratur, dengan spesies yang berbeda dalam penentuan waktu dan metode. Tokek Leopard akan mengelupaskan kulit sekitar dua sampai empat minggu interval. Kehadiran alat bantu kelembaban dalam pengelupasan. Saat pengelupasan dimulai, tokek akan mempercepat proses dengan memisahkan kulit yang kendur dari tubuhnya dan memakannya.

Fakta 23 : Tokek adalah polyphyodont dan mampu mengganti masing-masing 100 gigi mereka setiap 3 sampai 4 bulan.

Fakta 24 : Mayoritas tokek nokturnal. Ini berarti mereka aktif di malam hari dan tidur di siang hari.

Fakta 25 : Tokek makan apapun yang cukup kecil bagi mereka untuk menguasai atau menangkap dan mengkonsumsi. Serangga seperti jangkrik dan belalang adalah pilihan makanan andalan mereka di lingkungan asli mereka yang tidak terbatas. Tokek juga akan mengkonsumsi arthropoda seperti laba-laba, kelabang dan kalajengking kecil. Hewan pengerat kecil - terutama yang masih muda di sarang - juga termasuk dalam daftar mangsa mereka. Mereka bahkan memiliki selera kanibalistik: Mereka akan memakan tokek yang baru menetas.

Fakta 26 : Kebiasaan makan bervariasi antara spesies tokek, namun sebagian besar mencakup beberapa jenis ritual pacaran. Ritual ini bisa meliputi posturing, movement, vocalizations, dan bahkan physical nipping and nudging.

Fakta 27 : Kebanyakan tokek bersifat ovipar, artinya bereproduksi dengan bertelur. Betina umumnya meletakkan satu atau dua butir telur di kopling. Sebagian besar spesies bereproduksi sekali setahun, meskipun beberapa seperti macan tutul atau tokay tokek dapat menghasilkan empat sampai enam cengkeraman per tahun. Betina menyimpan telurnya di lokasi yang dilindungi di bawah batu, kayu bulat atau kulit pohon. Telurnya putih, lengket dan memiliki cangkang lembut dan lembut yang cepat mengeras begitu mereka terkena udara. Bergantung pada spesiesnya, telur diinkubasi selama 30 sampai 80 hari sebelum tokek bayi terbentuk sepenuhnya.

Baca juga fakta hewan lainnya DISINI

Fakta 28 : Beberapa spesies partenogenetik, yang berarti betina mampu bereproduksi tanpa bersanggama dengan jantan. Ini meningkatkan kemampuan tokek untuk menyebar ke pulau-pulau baru. Namun, dalam situasi di mana satu tokek wanita menempati seluruh pulau, pulau ini akan mengalami kekurangan variasi genetik di dalam tokek yang menghuniinya.

Fakta 29 : Karena ukurannya yang kecil, tokek memiliki sejumlah predator alami di seluruh dunia, dengan ular menjadi predator utama tokek. Hewan lain yang memangsa tokek termasuk laba-laba besar, burung dan beberapa spesies mamalia.

Fakta 30 : Ada sekitar 35 spesies tokek yang tidak memiliki kaki dan terlihat seperti ular.

Fakta 31 : Tokek terbang, juga dikenal sebagai tokek parasut, adalah kadal yang mempesona dengan kemampuan meluncur dari pohon ke pohon di alam bebas. Ketika tokek melompat ke udara, flaps digunakan untuk menghasilkan lift dan membiarkan tokek mengendalikan kejatuhannya. Bisa terbang sampai 60 meter (200 kaki). Juga ada gerakan di akhir penerbangan ke darat.

Fakta 32 : Bergantung pada spesies tersebut, status mereka yang terancam punah dapat berkisar dari yang paling tidak memprihatinkan sampai terancam punah.

Fakta 33 : Ada tradisi umum tentang tokek, dieja "tokek" dalam bahasa Latin, yang berarti keberuntungan, pertumbuhan kembali dan keseluruhan kehidupan.


Fakta 34 :Tokek Leopard adalah salah satu jenis kadal yang paling populer untuk dimiliki sebagai hewan peliharaan.

34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui
34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui .. Courtesy images : http://ronnwijaya.blogspot.co.id

Tag: 34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui , 34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui , 34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui , 34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui , 34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui , 34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui , ,34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui , 34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui , 34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui , 34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui 

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "34 Fakta menarik tentang tokek Yang Belum Banyak diketahui "

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA