Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Jahe, Tanaman menghangatkan Ini Rupanya Mempunyai Banyak Fakta sehat! Cari Tahu disini

Rasanya yang pedas dan menghangatkan membuat Jahe menjadi tanaman yang memiliki rasa khas sendiri. Bisa digunakan untuk memasak atau dijadikan minuman, dan tentu saja ada Banyak Fakta Kesehatan Pada Tanaman yang merupakan umbian-Umbian ini. Apa saja Fakta Sehat dari Jahe? Yuk kita bahas :

Baca Juga artikel menarik sebelumnya : 22 Fakta Menarik Tentang Inggris Untuk Menambah Wawasan

Jahe, Tanaman menghangatkan Ini Rupanya Mempunyai Banyak Fakta sehat! Cari Tahu disini
Jahe, Tanaman menghangatkan Ini Rupanya Mempunyai Banyak Fakta sehat! Cari Tahu disini


Dikutip dari http://factslegend.org , berikut Fakta Sehat dari Jahe :

Fakta Sehat Jahe #1. Salah satu bahan aktif yang ditemukan dalam jahe adalah 1-Dehydro- (10) -gingerdione. Hal ini diketahui adanya regulasi gen inflamasi melalui penghambatan jalur NF-κB. Jahe juga dikenal karena menghalangi produksi prostaglandin dan leukotrien (bahan kimia peradangan) dan menghambat aktivitas enzim COX.

Fakta Sehat Jahe #2. Mengurangi rasa sakit otot: Mengingat sifat yang disebutkan di atas, penelitian telah menemukan bahwa jahe adalah obat penghilang rasa sakit yang sangat efektif. Mengkonsumsi sekitar 2 gram jahe per hari minimal 5 hari menyebabkan pengurangan rasa sakit otot akibat latihan berjalan dan resistensi yang berkepanjangan.

Fakta Sehat Jahe #3. Mengurangi kram menstruasi: Telah ditemukan bahwa jahe jauh lebih efektif dibandingkan dengan plasebo ketika sampai pada pengurangan sensitivitas rasa sakit. Bumbu ini sama baiknya dengan asam mefenamat (yang merupakan obat penghilang rasa sakit NSAID). Jadi, jahe sangat cocok untuk mengurangi kram menstruasi.

Fakta Sehat Jahe #4. Membantu osteoarthritis: Beberapa penelitian menemukan bahwa jahe mampu memperbaiki efek osteoarthritis tetapi ada penelitian lain yang menunjukkan bahwa jahe tidak terlalu efektif dalam menangani osteoartritis setelah pengobatan pertama. Jadi, penelitian lebih lanjut diperlukan dalam kasus ini.

Fakta Sehat Jahe #5. Membantu asma: Periset telah menemukan bahwa bahan aktif jahe yang disebut Zerumbone bertanggung jawab untuk meningkatkan respons Th1 dan mengurangi respons alergi Th2 yang disebabkan oleh putih telur. Bumbu ini menekan respons kekebalan yang dimediasi Th2 dan juga membantu mengurangi kontraksi otot polos di saluran napas dan membantu asma.

Fakta Sehat Jahe #6. Meredakan eksim: Jahe memiliki senyawa yang dikenal dengan nama 6-Shogaol. Senyawa ini telah ditemukan untuk mengurangi dermatitis alergi melalui penghambatan sitokin. Penghambatan ini dicapai dengan aktivasi jalur Nrf2.

Fakta Sehat dari Jahe
Fakta Sehat dari Jahe
Sumber Foto : www.dietoflife.com/

Fakta Sehat Jahe #7. Apoptosis sel kanker: Terpenoid yang ditemukan di jahe telah ditemukan untuk menyebabkan kematian sel (apoptosis) pada sel kanker endometrium. Hal ini dicapai dengan aktivasi p53. Demikian pula, Zerumbone yang ditemukan di jahe juga telah ditemukan dapat membunuh sel pada sel kanker pankreas melalui jalur sinyal p53.

Fakta Sehat Jahe #8. Sensitizes sel kanker: Terapi radiasi cukup umum di kalangan pasien kanker. Namun, sel kanker perlu peka terhadap radiasi yang digunakan. Zerumbone dalam jahe mampu membuat kepekaan sel kanker kolorektal dan karenanya, membuat terapi radiasi jauh lebih efektif.

Fakta Sehat Jahe #9. Penghambatan pertumbuhan sel kanker: 6-gingerol - ramuan yang ditemukan pada jahe dikenal dengan kemampuan menghambat pertumbuhan sel kanker tulang dan sel kanker hati (dikenal sebagai osteosarcoma dan hepatoma).

Fakta Sehat Jahe #10. Penghambatan angiogenesis: Angiogenesis adalah proses dimana sel kanker dapat menumbuhkan pembuluh darah baru. Jahe bisa menghambat angiogenesis terutama pada kanker kulit. Angiogenesis dalam kasus kanker usus besar, kanker ovarium, kanker pankreas dan kanker perut dihambat oleh Zerumbone yang ditemukan pada jahe. Zerumbone menghambat NF-kB untuk mencegah angiogenesis.

Fakta Sehat Jahe 11. Mencegah migrasi sel kanker: Jika terjadi kanker payudara, migrasi sel kanker (dikenal dengan metastasis) dapat dicegah oleh jahe.

Fakta Sehat Jahe 12. Perlindungan DNA: Aflatoksin B1 adalah jenis toksin jamur yang dikenal karena merusak DNA. Minyak atsiri yang ditemukan di jahe mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh alfatoxin B1. Selain itu, jahe juga mampu melindungi DNA sperma agar tidak rusak akibat stres oksidatif. Jadi jahe pada dasarnya adalah sesuatu yang bisa diandalkan pria untuk meningkatkan kesuburan.


Fakta Sehat Jahe 13. Gula darah: Jahe telah ditemukan mampu mengurangi glukosa darah dalam kondisi puasa. Tanaman Ini juga mengurangi HbA1c.

Fakta Sehat Jahe  14. Mencegah obesitas: Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, telah ditemukan bahwa tikus pada diet tinggi lemak tidak menjadi gemuk saat diberi jahe. Hal ini dicapai dengan aktivasi jalur PPARway.

Fakta Sehat Jahe #15. Efektif terhadap Penyakit Hati berlemak (Nonalkohol): Studi telah menemukan bahwa mengkonsumsi 2 gram jahe setiap hari selama 12 minggu berturut-turut mampu menurunkan secara signifikan sitokin inflamasi, indeks resistensi insulin dan beberapa enzim hati dibandingkan dengan plasebo. Di sisi lain, minyak esensial dalam jahe mampu melindungi hati terhadap penyakit hati berlemak (nonalkoholik oleh alam) dan beberapa penyakit metabolik terkait lainnya yang disebabkan oleh diet tinggi lemak.

Fakta Sehat dari Jahe
Fakta Sehat dari Jahe

Sumber Foto : TheHealthSite.com

Fakta Sehat Jahe #16. Meningkatkan integritas usus: Telah ditemukan bahwa jahe meningkatkan integritas usus dengan meningkatkan prostaglandin dalam lapisan perut, yang akan dikurangi dengan penggunaan NSAID yang berkepanjangan oleh pasien osteoarthritis.

Fakta Sehat Jahe #17. Mencegah muntah dan mual: Over aktifkan Vagal bertanggung jawab untuk muntah dan mual. Jahe telah ditemukan untuk menghambat fungsi serotonin dalam saluran pencernaan dan karenanya, mencegah overaktivitas vagal saraf. Hal ini juga ditemukan untuk meredakan morning sickness pada wanita hamil.

Fakta Sehat Jahe #18. Pengurangan ketidaknyamanan perut: Studi telah mengungkapkan bahwa jahe mampu merangsang peristaltik dalam usus, sehingga membantu mengosongkan perut ke dalam usus kecil. Ini berarti bahwa mereka yang makan berlebihan atau memiliki masalah dengan gangguan pencernaan dapat mengkonsumsi jahe karena mengurangi ketidaknyamanan perut.

Fakta Sehat Jahe #19. Mencegah toksisitas hati: Pada manusia, telah ditemukan bahwa toksisitas hati yang disebabkan oleh obat antituberkulosis dicegah pada pasien tuberkulosis. Dalam uji coba hewan, telah ditemukan bahwa untuk kelinci yang diracuni kadmium, jahe melindungi hati dan ginjal dari toksisitas kadmium. Dalam kasus tikus, hati dilindungi jahe terhadap toksisitas aluminium.

Fakta Sehat Jahe #20. Mencegah kerusakan stres oksidatif pada hati: Jahe diketahui memiliki beberapa antioksidan kuat seperti 6-shogaol. Antioksidan ini melindungi hati dari kerusakan stres oksidatif.

Fakta Sehat dari Jahe
Fakta Sehat dari Jahe


Fakta Sehat Jahe #21. Profil trigliserida dan kolesterol darah ditingkatkan: Pada manusia, telah ditemukan bahwa jahe mampu memperbaiki profil trigliserida, kolesterol, penanda gula darah dan CRP darah. Studi lebih lanjut telah mengungkapkan bahwa jahe merangsang reseptor muskarinik dan mencegah blokade saluran kalsium, sehingga memodulasi sistem saraf dan karenanya, menurunkan tekanan darah.


Fakta Sehat Jahe #22. Pencegahan pengerasan arteri: Jahe kaya akan 6-Gingerol. Bahan ini dikenal untuk melindungi sel-sel dari stres oksidatif yang membentuk pembuluh darah kita. Hal ini menyebabkan para ilmuwan percaya bahwa jahe mampu mencegah pengerasan arteri.

Fakta Sehat Jahe #23. Penghambatan virus dingin: Dalam penelitian berbasis sel, ditemukan bahwa jahe segar (bukan yang kering) mampu menghambat virus dingin masuk ke dalam sel tubuh manusia. Percobaan klinis perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.


Fakta Sehat Jahe 24. Mencabut bakteri jahat: Studi telah menemukan bahwa ekstrak etanol jahe (tidak dipanaskan) memiliki sifat anti-bakteri yang sangat tinggi. Sel studi telah dilakukan pada berbagai bakteri penyebab penyakit seperti Escherichia coli, Salmonella typhimurum, Pseudomonas aeroginosa, Haemophilus influenzae, Staphylococcus pneumoniae dan Staphylococcus aureas. Telah ditemukan juga bahwa ekstrak metanol jahe mampu menghambat 19 strain Helicobacter pylori yang berbeda (beberapa di antaranya resisten terhadap obat-obatan).

Demikianlah Fakta Sehat dari Jahe.. Semoga bermanfaat.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Jahe, Tanaman menghangatkan Ini Rupanya Mempunyai Banyak Fakta sehat! Cari Tahu disini"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA