Postingan Terunggul Hari Ini

Suasana Pada Masa lalu Membawa Mendung

Terpendam rindu mendayung kalbu, hati-hati untuk kusentuh, takut-takut bisa menyakiti. Sayup-sayup hening menyapa, mengantar roh pada masa i...

Wortel Hanya Satu Warna? Kata Siapa? Wortel Ada banyak Warnanya, Tidak Percaya? Baca Fakta Menarik Wortel Berikut !

Wortel Hanya Satu Warna? Kata Siapa? Wortel Ada banyak Warnanya, Tidak Percaya? Baca Fakta Menarik Wortel Berikut ! - Tak hanya dijadikan sayur, wortel juga bisa dibuat menjadi jus, sehingga tak heran kalau sayuran yang termasuk umbi-umbian ini menjadi salah satu daftar makanan terfavorit. Tak hanya rasanya yang sedikit manis, tapi juga karena Manfaatnya yang banyak terutama untuk mata. Berbicara tentang Wortel, seberapa banyak anda tahu tentang makanan ini? Berikut Ini, ada beberapa fakta Wortel yang belum banyak diketahui oleh orang-orang :



1. Wortel pertama kali ditanam di Afghanistan

Sementara wortel merupakan sayuran yang terkenal di seluruh dunia, wortel pertama yang dibudidayakan dalam sejarah tercatat diperkirakan berasal dari daerah sekitar Afghanistan pada tahun 900 Masehi. Dengan cepat, sayuran lezat ini menyebar ke daerah sekitarnya dan di tahun 1000an,  Wortel merambah ke Timur Tengah dan Afrika Utara. Dari sana, perjalannya semakin jauh, wortel menyebar ke Spanyol, dan pada tahun 1300-an ia bermunculan di taman Eropa Utara dan di berbagai masakan di China.

Baca juga : Fakta Menarik Kubis

2. Wortel terdiri dari 88 persen air

Betul. Sementara Anda mencoba dan meringankan rasa lapar dengan cara yang sehat dengan mengunyah wortel, sebagian besar dari apa yang Anda dapatkan adalah air. Bukan berarti itu hal yang buruk. Sebagai perbandingan, rata-rata kita manusia terbuat dari 60 persen air.

3. Wortel Tenyata lahir dengan berbagai warna





Lupakan oranye. Anda bisa mendapatkan wortel dengan warna alami lainnya seperti warna putih, kuning dan warna ungu tua. Lucunya, wortel pertama yang didokumentasikan sebenarnya berwarna ungu atau putih. Sayuran oranye yang kita kenal sekarang dikembangkan setelah mutasi genetik menyebabkan wortel ungu, yang memiliki inti kuning oranye, kehilangan warnanya dan berubah. Mengingat bahwa wortel memiliki sekitar 20 spesies di seluruh dunia, tidak mengherankan jika mereka datang dalam berbagai warna.


4. Memasak wortel lebih baik daripada mengonsumsi wortel secara mentah

Memasak Wortel dapat melepaskan kantong tersembunyi beta-karoten yang bagus untuk Anda. Sebenarnya, mengonsumsi wortel mentah hanya memberi Anda tiga persen zat ini, tapi saat Anda memanaskannya, wortel melepaskan hampir 40 persen. Jadi, memasak wortel lebih baik ketimbang mengkonsumsinya mentah.

5. Wortel mengandung sumber beta karoten terkaya

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa harus peduli tentang beta-karoten. Nah, inilah masalahnya: Bahan kimia inilah yang memberi buah dan sayuran pigmen kuning-oranye yang berubah menjadi vitamin A dalam sistem kita. Meskipun tidak membuat Anda melihat dalam kegelapan, beta-karoten memang membantu penglihatan, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan kulit.

6. Wortel memiliki biji



Lucunya, wortel tidak menghasilkan benih tradisional, tapi malah diklasifikasikan sebagai schizocarp, buah kering terdiri dari beberapa carpels yang terpisah untuk melepaskan benih di dalamnya. Periset bahkan menemukan bahwa bibit wortel liar yang berasal dari sekitar 5.000 tahun ditemukan di Eropa. Selain itu, karena sifat aromatiknya, bijinya telah digunakan sebagai bumbu dan jamu.

7. Wortel memiliki gula di dalamnya

Wortel mengandung empat jenis gula - sukrosa, glukosa, xilosa dan fruktosa. Meski gula mengandung sedikit pati, Anda bisa mendapatkan sayuran manis tanpa karbohidrat. Plus,, Anda juga mendapatkan banyak nutrisi baik untuk Anda termasuk vitamin A, C, K dan B6, mangan, kalsium, banyak serat makanan dan potasium.

8. Wortel sebenarnya mirip mata



Inilah Fakta menarik lainnya, kita tahu bahwa wortel mirip mata. Rupanya apabila wortel dibelah, maka akan menyerupai seperti mata.. Wow!

Demikianlah Fakta menarik tentang Wortel. Jangan lupa dishare dan nantikan terus fakta lainnya hanya di Blog Segala fakta.

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "Wortel Hanya Satu Warna? Kata Siapa? Wortel Ada banyak Warnanya, Tidak Percaya? Baca Fakta Menarik Wortel Berikut !"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA