loading...
loading...

12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan

12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan - Dinasti Han adalah dinasti kekaisaran kedua di China (206 SM-220 M), didahului oleh dinasti Qin (221-206 SM)). Selama empat abad, periode Han dianggap sebagai zaman keemasan dalam sejarah China sejauh ini, sehingga banyak orang dari kelompok etnis China menganggap diri mereka sebagai "Orang Han".


12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan
12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan : Courtesy images : Youtube


Inilah beberapa fakta menarik tentang Dinasti Han, seperti yang dikutip oleh Ohfact.com :

Fakta 1. Gangguan Besar

Dinasti Han sempat terganggu oleh dinasti Xin (9-23 M) mantan Bupati Wang Mang. Gangguan ini memisahkan dinasti Han menjadi dua periode: Han Barat atau Mantan Han (206 SM - 9 AD) dan Han Timur atau Sesudah han (25-220 M).

Fakta 2. Kesejahteraan Ekonomi

12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan
12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan : Courtesy images : History.com


Dinasti Han adalah masa kemakmuran ekonomi dan pada masa inilah koin yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat pada 119 SM tetap merupakan mata uang standar China sampai dinasti Tang (618-907 M).

Fakta 3. Dinamai Setelah

12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan
Courtesy Images : Wikipedia


Seorang petani, Liu Bang, memulai Dinasti Han setelah Dinasti Qin runtuh.

Fakta 4. Lebih dari seorang Kaisar

12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan
12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan :: Courtesy images : Tumblr


Kaisar memiliki banyak tanggung jawab. Dia melakukan banyak upacara keagamaan, dan pada malam terpanjang tahun (titik balik matahari musim dingin) dia akan berpakaian dengan jubah biru dan berpuasa.

Fakta 5. Jalan Sutera

Courtesy images : mapsofhistory.com


The Silk Road, jaringan rute perdagangan kuno yang penting bagi interaksi budaya yang menghubungkan Barat dan Timur dari China ke Laut Mediterania, yang tercipta pada zaman Han masih digunakan sampai sekarang.


Fakta 6. Layanan Sipil

Salah satu hal pertama yang dilakukan Kaisar Gaozu adalah membangun pegawai negeri sipil dengan mengumpulkan sejumlah pria berpendidikan di sekitarnya untuk membantunya menjalankan kerajaan. Kemudian, kaisar Han membuat ujian dan sekolah untuk memastikan bahwa hanya orang-orang paling cerdas yang akan menjalankan pemerintahan.

Fakta 7. Siapa itu Wu?

12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan
12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan : Sumber foto : Wikipedia


Kaisar Wu adalah kaisar paling lama dalam dinasti Han. Masa pemerintahannya berlangsung 54 tahun, sebuah catatan mengatakan bahwa masa pemerintahannya sampai 61 tahun, catatan ini ditemukan saat berlangsungnya pemerintahan Kaisar Kangxi lebih dari 1.800 tahun kemudian. Wu membentang dari Kyrgyzstan modern di barat, ke Korea di timur, dan ke Vietnam utara di selatan.

Fakta 8. Penemuan Kertas

12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan
12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan :: Courtesy images : Wikipedia


Cai Lun menjadi penemu proses pembuatan kertas standar. Sepotong kertas tertua yang masih dikenal dengan tulisan di atasnya ditemukan di reruntuhan sebuah menara pengawas Han yang telah ditinggalkan pada tahun 110 M, meskipun telah ditemukan bahwa bentuk awal kertas digunakan di cina sejak 2 SM.

Fakta 9. Penemuan! Penemuan! Dan penemuan!

Cina menemukan akar kuadrat, akar kubus, Teorema Pythagoras, memperbaiki perhitungan pi, dan yang paling menonjol adalah penggunaan pertama angka negatif dalam sejarah dunia! Rudder, yang digunakan untuk mengarahkan kapal, perahu dan lain-lain ditemukan pada masa Han dan begitu pula seismoskop! Juga kipas rotari yang dioperasikan secara manual ditemukan oleh insinyur Ding Huan dari Dinasti Han.

Fakta 10. Buddhisme

Buddhisme masuk ke China selama periode Han.

Fakta 11. Pedagang

Pedagang tidak menikmati posisi terhormat. Namun, mereka bisa menjadi kaya, terutama dengan Peningkatan perdagangan karena Silk Road. Hukum dibuat untuk membuat pedagang memakai pakaian putih dan membayar pajak tinggi.

Fakta 12. Konfusianisme (Kemanusiaan)

12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan
12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan : Sumber Foto : Wikipedia



Dinasti Qin memerintah dengan filosofi Legalisme dan semua filosofi non-legalistik lainnya, termasuk ditekannya Konfusianisme (kemanusiaan). Selama periode awal Han, ajaran-ajaran Legalisme dan Konfusianisme diterima. Namun, pengadilan Han di bawah Kaisar Wu memberi patronase eksklusif Konfusianisme dan karena itu membuat Konghucu menjadi ideologi negara resmi Han. Ini tetap merupakan salah satu filosofi paling menonjol di China sampai zaman modern.



Tag: 12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan 12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan, 12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan, 12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan, 12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan, 12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan, 12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan, 12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan, 12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan, 12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan

Silahkan Masukkan Email anda Untuk Update Fakta Lainnya:

0 Response to "12 Fakta Menarik Tentang Dinasti Han Untuk Menambah Wawasan"

Post a Comment

Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)

TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA